Rambut Beruban Di Usia Muda Kenapa? Ini Penyebabnya

Informasi yang harus anda ketahui rambut beruban di usia muda kenapa? ini penyebabnya.

Selamat datang di salah satu situs resmi milik alfian herbal, kami merupakan distributor resmi pusat penjualan obat herbal produk green world yang berupa obat herbal alami, suplemen, nutrisi kesehatan yang aman di konsumsi. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai seputar kesehatan yang meliputi rambut beruban di usia muda kenapa? ini penyebabnya.

Rambut beruban memang wajarnya hadir ketika usia angka 30 tahun ke atas, namun bukan berarti mereka yang masih berusia muda tidak akan memiliki rambut beruban. Rambut berubah terjadi karena adanya perubahan warna dari pigmen rambut yang disebut melanin. Perubahan tersebut terjadi karena kurangnya asupan oksigen dan nutrisi yang diterima batang rambut. Kekurangan asupan oksigen dan nutrisi tersebutlah yang mempengaruhi prosuduksi melanin rambut dan menimbulkan uban. Tanpa melanin, rambut baru yang tumbuh tidak memiliki pigmen sehingga tambut akan berwarna putih, keabu-abuan atau silver.

Masyarakat asia pada umumnya akan memiliki uban dimulai sejak akhir 30-an. Begitu memasuki usia 40-an timbulnya uban termasuk hal yang wajr. Namun tidak jarang orang-orang yang berusia dibawah 30-an sudah memiliki uban. Penyebabnya beragam, bisa karena faktor genetik, stres dan lain-lain.

Rambut Beruban Di Usia Muda Kenapa? Ini Penyebabnya

Rambut Beruban Di Usia Muda Kenapa? Ini Penyebabnya

Kekurangan vitamin B12,  zinc, vitamin C dan E.

Vitamin B12, C, E dan zink berperan sebagai nutrisi untuk rambut. Kondisi kekurangan vitamin-vitamin tersebut dapat memicu timbulnya uban prematur. Kekurangan vitamin seperti ini dapat disebabkan beberapa faktor, yang paling sering adalah karena pola diet yang tidak benar sehingga asupan nutrisi yang diperlukan tubuh menjadi tidak seimbang. Untuk Sobat yang ingin menjalani program diet ada baiknya memilih program diet yang sehat karena bagaimanapun tubuh tetap perlu asupan nutrisi yang memadai untuk menunjang aktifitas. Semoga artikel kami, Tips Diet Sehat ala Dibagiin.com, Masuk Akal dan Efisien dapat menjadi referensi diet sehat untuk Sobat semua.

Faktor keturunan

Memiliki rambut beruban di usia muda juga dapat disebabkan karena faktor keturunan. Jika orang tua memiliki rambut beruban, besar kemungkinan anak juga akan memiliki hal yang sama bahkan di usia muda, di bawah 25 tahun.

Merokok

Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa mereka yang merokok memiliki kemungkinan 4 kali lebih besar mengalami rambut beruban di usia muda ketimbang mereka yang tidak merokok. Merokok menghasilkan berbagai macam radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, yang berpotensi mengganggu produksi melanin. Jika Sobat bukan perokok namun sering berada diantara orang-orang yang merokok, Sobat juga perlu mewaspadai bahaya yang ditimbulkan ketika Sobat menghirup asap rokok dari rekan Sobat yang sedang merokok, seperti yang telah dibagiin.com ulas secara lengkap pada artikel Bahaya Menjadi Perokok Pasif.

Stress

Stress memang berdampak buruk bagi kesehatan, tidak terkecuali kesehatan rambut. Terlalu sering mengalami stress berpotensi menyebabkan rambut rontok dan beruban karena stress juga mempengaruhi produksi melanin dalam tubuh. Menghindari stress bukan hanya bermanfaat agar rambut tidak beruban lebih cepat, tetapi juga berarti menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Atasi stress dengan mendekatkan diri Anda dengan hal-hal yang dapat menstimulasi tawa, karena tawa dapat menjadi terapi dengan manfaat luar biasa bagi kesehatan.

Pewarnaan rambut

Mungkin Sobat pernah menemui orang yang sering mewarnai rambutnya guna menutupi uban, tapi setelahnya uban justru lebih cepat muncul. Ya, pewarnaan rambut memang bukan solusi yang terbaik untuk mengatasi rambut beruban. Bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam zat pewarna rambut dapat mempengaruhi melanin sehingga semakin sering menggunakan pewarna rambut justru meningkatkan resiko timbulnya rambut beruban di kemudian hari. Resiko yang sama bagi mereka yang sering mewarnai rambut dengan tujuan fashion.

Tiroid

Kadar tiroid yang kurang atau yang terlalu aktif dapat mempengaruhi produksi melanin di rambut yang memicu uban prematur.

Kondisi kesehatan tertentu

Kondisi kesehatan tertentu seperti albino (kondisi dimana seseorang hanya memiliki sedikit atau bahkan tidak memiliki pigmen) akan mempengaruhi perubahan warna pada kulit, mata dan rambut menjadi keabu-abuan dan relatif pucat. Selain albino, kondisi vitiligo (informasi lengkap seputar vitiligo dapat Sobat simak pada artikel Mengenal Penyakit Kulit Vitiligo) atau kelainan sistem imun juga dapat mempengaruhi warna pada kulit (bercak putih pada kulit) dan rambut.

Bicara soal kondisi kesehatan tertentu, di dunia ini ada beberapa kasus gangguan kesehatan aneh yang hingga kini sebagian besar dari kasus tersebut belum ditemui cara penanganya.

Perlukah mencabut rambut beruban?

Mencabut rambut yang beruban sering kali dilakukan untuk mengatasi masalah satu ini. Namun cara tersebut bersifat sementara dan justru berdampak buruk bagi kesehatan rambut kita sendiri. Rambut beruban sama halnya dengan rambut normal, tumbuh di bawah kulit yang didalamnya tersimpan banyak saraf dan pada akhirnya akan rontok dengan sendirinya. Mencabut rambut beruban tidak disarankan karena akan mengganggu sistem saraf di dalamnya seperti terganggunya produksi pigmen rambut, pusing dan kebotakan karena folikel yang rusak.

Simak terus situs http://manfaatbraincarecapsuleuntukkesehatan.alfianherbal.com untuk mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.

Rambut Beruban Di Usia Muda Kenapa? Ini Penyebabnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.