Membersihkan Telinga Menggunakan Cotton Bud Berbahaya

Ketahui membersihkan telingga menggunakan cottton bud berbahaya bagi kesehatan.

Selamat datang di salah satu situs resmi milik alfian herbal, kami merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal produk green world yang aman di konsumsi tidak menimbulkan efek samping berbahaya di dalamnya. Kali ini kami akan berbagi informasi mengenai seputar kesehatan yang meliputi membersihkan telinga menggunakan cotton bud berbahaya.

Tahukan anda bahwa membersihkan telinga menggunakan cotton bud itu sangat bebahaya bagi kesehatan telinga. Sebagai salah satu panca indera yang sangat vital, telinga seharusnya dijaga dari segala sesuatu yang bisa mengancam fungsinya. Salah satunya adalah ketika kita membersihkan telinga. Meski sudah sering mendengar bahaya dari kesalahan cara membersihkan telinga, kita masih saja melakukannya dengan sembarangan.

Menggunakan cotton bud atau lidi kapas untuk membersihkan atau menggaruk telinga bagian dalam yang gatal memang nikmat. Tak heran jika banyak orang merasa kecanduan menggunakan korek kuping ini. Tapi, tahukah Anda bahwa aktivitas ini sangat berbaya.

Telinga manusia sebenarnya telah memiliki cairan alami yang dapat menghalau kotoran masuk ke dalam telinga. Cairan yang dalam istilah medis disebut serumen ini bertugas untuk menangkap kotoran sekaligus membersihkannya secara alami.

Kotoran yang tertangkap serumen biasanya akan menggumpal dan inilah biasanya kita buru dengan lidi kapas hingga ke rongga telinga bagian dalam. Tanpa campur tangan lidi kapas, gumpalan kotoran ini bisa keluar dan menguap dengan sendirinya.

membersihkan telinga menggunakan cotton budd berbahaya

Penggunaan lidi kapas justru bisa mendorong gumpalan masuk ke celah sempit di bagian dalam telinga yang seharusnya tak tersentuh kotoran. Kondisi ini berbahaya karena bisa mengakibatkan telinga tersumbat dan mengganggu pendengaran. Bahkan, sangat berpotensi memicu peradangan pada telinga sehingga menimbulkan rasa nyeri.

Kebiasaan membersihkan telinga dengan cotton bud justru akan membahayakan kesehatan telinga anda. Mengapa??? Berikut ini sejumlah alasan kenapa anda tak perlu membersihkan telinga anda menggunakan cotton bud;

1. Telinga anda mampu membersihkan diri sendiri

Tidak seperti kebanyakan dari organ tubuh lainnya, telinga ternyata tidak perlu di bersihkan. Telinga sebenarnya adalah organ yang mampu membersohkan diri sendiri sehingga anda tak perlu repot-repot membersihkannya.

Bahkan dokter sendiri telah menganjurkan untuk tidak menggunakan benda apapun, seperti pin rambut, kunci, klip kertas, pena atau pensil untuk membersihkan telinga anda. Semua benda tersebut justru akan menimbulkan kerusakan parah pada telinga anda.

2. Lilin telinga itu menyehatkan

Banyak orang yang sering kali menggunakan penyeka kapas (cotton bud) untuk mengluarkan lilin telinga (kotoran telinga) dan menganggap kebiasaan tersebut sudap tepat. Padahal, keberadaan lilin telinga tersebut sebenarnya sehat dan baik untuk lubang telinga.

Pasalnya lilin telinga berfungsi melapisi bagian dalam telinga anda dan melindunginya. Selain itu, lilin telinga juga memiliki sifat anti bakteri yang mencegah telinga anda terinfeksi dan membantu mengeluarkan air yang terlanjur masuk ke telinga anda.

Lilin telinga diproduksi oleeh bagian dalam telinga anda, menyerap kuman dan sel-sel kulit mati serta perlahan membuangnya keluar telinga. Bahkan aktivitas berbicara dan meengunyah dapat meningkatkan produksi lilin di telinga anda.

Dalam beberapa kasus, seseorang bisa saja memiliki terlalu banyak lilin di telinganya sehingga dapat mempengaruhi pendengaran dan menimbulkan rasa sakit di telinga. Hal ini dapat dengan mudah diatasi dengan berkunjung ke dokter spesialis THT. Di sana, Anda akan diberikan perawatan khusus untuk mengurangi lilin dengan menggunakan prosedur yang cepat, aman dan tidak sakit.

3. Penyeka kapas (cotton buds) dapat merusak telinga Anda

Setiap kali Anda memasukkan kapas ke dalam telinga, tidak hanya akan membawa kuman baru ke dalam telinga Anda, tetapi juga membuat lilin kembali masuk ke dalam telinga Anda.

Lilin yang seharusnya bisa keluar dengan sendirinya, terpaksa harus masuk kembali karena mendapat dorongan dari cotton buds. Alhasil, kuman dan kotoran yang seharusnya keluar terjebak kembali di dalam telinga.

Bahkan, kebiasaan buruk tersebut akan mempengaruhi gendang telinga Anda. Gendang telinga merupakan selaput tipis pada ujung saluran telinga yang sangat halus. Ketika Anda sedang asyik-asyiknya mengais kotoran di telinga Anda, Anda bisa saja secara tak sengaja merobek gendang telinga Anda.

Gendang telinga bisa pecah bahkan dengan hanya mendapatkan tekanan dari kapas yang berpotensi besar dapat membuat Anda kehilangan pendengaran. Meskipun gendang telinga Anda bisa sembuh, hal itu memerlukan waktu yang cukup lama dan terasa menyakitkan.

Nah, itulah penjelasan mengenai membersihkan telinga menggunakan cotton bud berbahayaa, semoga bermanfaat.

Membersihkan Telinga Menggunakan Cotton Bud Berbahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published.