Cara Terapi Merawat Anak Dengan Sindrom Down

Inilah Cara Terapi Merawat Anak Dengan Sindrom Down Yang Paling Efektif.

Selamat datang kembali di salah satu situs resmi milik alfian herbal, kami merupakan distribusi resmi pusat penjualan obat herbal produk green world yang aman di konsumsi. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai seputar kesehatan yang meliputi cara terapi merawat anak dengan sindrom down.

Tidak semua manusia di dunia ini dilahirkan dengan kondisi tubuh dan mental yang normal. Ada sebagian orang yang terlahir dengan berkebutuhan khusus karena ada kekurangan dari segi fisik maupun mentalnya. Tuhan memang mempunyai rahasia tersendiri akan segala sesuatu yang terjadi di dunia ini. Namun yang jelas setiap anak yang terlahir di dunia ini adalah anak yang spesial termasuk anak down syndrome yang saat ini akan kita bahas.

Sindrom down adalah suatu kumpulan gejala yang diantaranya memiliki kondisi keterbelakangan perkembangan fisik dan mental pada anak yang disebabkan adanya abnormalitas perkembangan kromosom, biasanya terjadi abnormalitas pada kromosom 21. Keadaan ini dapat terjadi terhadap laki-laki maupun perempuan. Anak dengan sindrom down biasanya kurang bisa mengkoordinasi antara motorik kasar dan halus. Misalnya kesulitan menyisir rambut atau mengancing baju sendiri. Selain itu anak juga kesulitan mengkoordinasi antara kemampuan kognitip dan bahasa, seperti memahami manfaat suatu benda. Menurut Selikowitz (2001), anak down syndrome dan anak normal pada dasarnya memiliki tujuan yang sama dalam tugas perkembangan, yaitu mencapai kemandirian. Namun, perkembangan anak down syndrome lebih lambat dari pada anak normal. Jadi diperlukan suatu terapi untuk meningkatkan kemandirian anak. Dalam hal ini, peran serta orang tua sangat dibutuhkan.

Cara Terapi Merawat Anak Dengan Sindrom Down

Gambaran klinis pada pasien sindrom down bermacam-macam, akan tetapi berikut adalah penampilan fisik yang dapat kita lihat yakni mata yang sipit dan mengarah ke arah atas, tangan pendek, hanya memiliki satu lipatan pada telapak tangan (simian crease), telinga letak rendah, tubuh pendek, lidah menonjol. Untuk tingkat retardasi mental dapat bervariasi di setiap anak tergantung berat dan tidaknya sindrom down pada anak tersebut.

Cara Terapi Merawat Anak Dengan Sindrom Down

Pada dasarnya anak sindrom down sebenarnta sama dengan anak normal dalam segi kebutuhan, jadi anda harus dengan penuh cinta dan kasih sayang dalam memberi terapi pada anak anda yang menderita down sindrom. Berikut ini cara terapi merawat anak dengan sindrom down:

  • Terapi Lumba-lumba

Anda bisa mengajak anak down syndrome ke pelatihan lumba-lumba. Dengan terapi menggunakan hewan ini maka anak down syndrome akan gembira dan sel-sel saraf otak yang tegang pada penderita ini akan menjadi rileks dan ringan ketika mendengar suara lumba-lumba dan tingkah lakunya.

  • Terapi Musik

Anak down syndrome ternyata sangat peka dengan musik. Jadi Anda sebagai orang tua yang memiliki anak sown syndrome, sebaiknya mulai mengenalkan anak Anda pada jenis dan bunyi-bunyian yang dihasilkan oleh bermacam alat musik. Dengan bunyi musik yang mengalun indah akan merangsang fungsi otaknya menjadi meningkat dan akan memperbaiki fungsi tubuh yang lainnya.

  • Terapi Craniosacral

Terapi ini adalah terapi yang menggunakan sentuhan tangan dan tekanan yang ringan pada saraf pusat. Terapi ini berfungsi untuk memperbaiki sistem metabolisme pada tubuh anak down syndrome yang tujuannya juga meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit-penyakit.

  • Terapi Fisik

Ini adalah terapi yang pertama kali paling dibutuhkan oleh anak sindrom down, karena mereka memiliki kondisi fisik yang lemah dari anak normal, maka anak down syndrome akan lambat dalam melakukan gerakan-gerakan standar yang biasa dilakukan anak normal. Jadi pada terapi ini anak sindrom down akan dibantu berjalan dan melakukan gerakan lain dengan cara yang benar.

  • Terapi Wicara

Ini adalah terapi yang membantu anak down syndrome dalam memahami kalimat dan kemampuan berbicara.

  • Terapi Sensori

Terapi yang satu ini juga tidak kalah penting bagi anak sindrom down, karena di sini anak akan dilatih untuk menanggapi dan mengolah rangsangan. Karena jika anak down syndrome jatuh atau terkena benda yang menyebabkan rasa sakit, anak down syndrome terkadang tidak merasakannya. Sehingga sangat berbahaya jika anak tersebut tidak bisa menanggapi rangsangan yang berbahaya bagi dirinya.

  • Terapi Tingkah Laku

Pada terapi ini anak down syndrome akan diajari bagaimana bersikap yang sesuai dengan norma-norma dan aturan yang berlaku pada masyarakat. Karena seperti yang sudah dijelaskan bahwa anak down syndrome sangat lambat dalam menggunakan kemampuan otaknya dalam bersikap ataupun mengerti akan suatu hal.

Masih banyak terapi yang dapat dilakukan untuk anak penderita down syndrome seperti memberikan suplemen khusus dan pemijatan pada bagian saraf-saraf tertentu. Untuk merawat anak down syndrome Anda perlu usaha yang ekstra. Dengan kesabaran dan konsistensi yang disertai dengan rasa cinta dan kasih sayang, maka tidak mustahil jika Anda menjadikan anak down syndrome berprestasi.

Sudah banyak orang tua yang membuktikan bahwa anak yang menderita sindrom down bisa melakukan hal-hal yang luar biasa yang bahkan anak normal pun tidak dapat melakukannya. Demikian artikel kesehatan yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.

Cara Terapi Merawat Anak Dengan Sindrom Down

Leave a Reply

Your email address will not be published.