Cara Mengatasi Flu Yang Melanda Pada Tubuh

Berbagai cara mengatasi flu yang melanda pada tubuh, yang harus anda ketahui.

Pada kesempatan kali ini kami pihak alfian herbal akan berbagi informasi mengenai seputar kesehatan yang meliputi cara mengatasi flu yang melanda pada tubuh.

Flu memang penyakit yang sering dianggap ringan karena mudah diobati. Apalagi di pasaran banyak dijual bebas obat flu. Kita memang perlu bersyukur karena iklim tropis membuat sel-sel pertahanan tubuh kita lebih mudah melawan virus flu. Tapi, berbeda di negara empat musim, dimana penyakit flu bisa berkembang lebih berat dan berbahaya.

Saat musim hujan seperti sekarang, flu makin sering mengintai. Ini karena perubahan cuaca dan udara yang dingin memperlemah pertahanan tubuh Anda. Virus flu yang disebarkan oleh udara dapat dengan mudah berkembang biak dalam tubuh Anda dan mengganggu kesehatan Anda. Kalau gejala flu seperti gejala demam, hidung berair, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan nyeri otot masih bisa Anda tahan, sebaiknya hindari minum obat. Lakukan beberapa cara alami ini untuk mengobati gejala sakit flu:

Cara Mengatasi Flu Yang Melanda Pada Tubuh

  • Hirup Uap Aromatik

Taruh air panas dalam baskom. Kerudungkan handuk di atas kepala, lalu dekatkan kepala ke atas baskom hingga uap air panas terhirup oleh Anda. Anda bisa menambahkan dua sendok teh jahe cincang segar ke dalam baskom. Atau tetesi air dengan minyak mentol atau minyak kayu putih.

  • Mandi Air Hangat Atasi Gejala Flu

Tutup rapat pintu kamar mandi dan alirkan air panas, hingga kamar mandi Anda dipenuhi uap panas seperti sauna pribadi. Air hangat membuka saluran di kepala dan dada sambal mengencerkan dan melunakkan mucus pada sinus Anda.

  • Minum yang Banyak

Minum setidaknya 8 gelas sehari. Cairan membantu mencairkan mucus yang kental yang terbentuk karena flu Anda. Minuman hangat lebih baik daripada minum dingin. Hindari kopi, teh yang mengandung kafein, atau minuman yang mengandung alkohol. Minuman tersebut bisa membuat Anda dehidrasi. Anda bisa minum air jahe untuk mengurangi produksi lendir pada hidung, sekaligus menghilangkan lendir dari saluran pernapasan.

  • Gunakan Kompres Panas yang Lembap

Jika kepala Anda terasa berat dan Anda susah bernapas melewati hidung, kompres pipi dan sinus Anda dengan kompresan yang hangat dan lembap. Tapi jangan terlalu panas hingga membakar kulit Anda.

  • Kumur Air Hangat

Flu kerap membuat tenggorokan terasa kering dan nyeri. Untuk mengatasi gejala sakit flu tersebut, Anda bisa berkumur dengan air hangat yang telah diberi garam atau air lemon. Kumurlah selama 30 detik. Ulangi kegiatan berkumur tersebut sebanyak 2-3 kali sehari. Berkumur dengan air garam atau lemon hangat bisa melegakan dan membasahi tenggorokan Anda yang terasa kering.

  • Minum Air Madu Dicampur Merica

Mengobati gejala sakit flu salah satunya bisa dengan cara ini, yaitu siapkan segelas air panas, tambahkan satu sendok teh merica, lalu tutup dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu tambahkan dua sendok teh madu. Aduk hingga rata. Air campuran merica dan madu ini akan menghangatkan tenggorokan serta tubuh Anda. Merica juga memiliki efek anti bakteri dan anti kuman yang membantu meredakan gejala flu.

  • Bawang Putih

Bawang putih sangat berkhasiat sebagai anti bakteri dan anti virus. Bawang putih juga efektif mencegah infeksi dan pertumbuhan jamur. Cincang dua siung bawang putih, diamkan sebentar agar enzim allinase-nya keluar. Enzim tersebut merupakan komponen utama pelawan bakteri dan virus. Letakkan cincangan bawang putih ke sendok, lalu telan sambal minum air putih, seperti layaknya Anda minum obat.

Anda bisa langsung mencoba salah satu cara untuk mengobati gejala sakit flu di atas. Prioritaskan kesehatan Anda dan jangan lupa juga untuk makan dan olahraga secara teratur.

Cara Mengatasi Flu Yang Melanda Pada Tubuh